Adab Membaca Quran,Quran MP3 Free Download

download free alquran mp3
Berikut kami ketengahkan artikel tentang"Membaca Qur an" atau "Adab Membaca Qur an",bagi anda yang mencari"Quran MP3 Free Downlod" atau ingin belajar "online quran" atau sekedar ingin mendengar "murottal quran" atau quran audio,bisa masuk ke situs ini Quranicaudio.Com,situs ini dilengkapi dengan pilihan bacaan imam-imam terkenal yang bisa anda pilih sendiri sesuka hati.Langsung ke topik pembicaraan tadi mengenai Adab Membaca Alquran,di antara adab-adab itu adalah:
holy quran mp3 download
  1. Disunnahkan untuk membersihkan mulut sebelum membaca alquran,hal sebagai bentuk hormat dan adab kita kepad alquran,yaitu ketika kita ingin membaca alquran yang merupkan qalumulloh kita membersihkan mulut baik dengan siwak aatu menggosok gigi,Hudzaifah berkata:"Nabi-shallallhu alahi wasallam-apabila bangun untuk sholat tahajjud pada malam hari beliau menggosok gigi beliau dengan siwak"(HR.Bukhari.1136).
  2. Disunnahkan membaca Isti'adzah dan Basmalah ketika hendak membaca qur an,sebagaiman firman Allah dalam surat an-Nahl ayat:98 yang artinya:"Apabila engkau hendak membaca alquran maka mintalah perlindungan kepada Allah dari godaann syaitaan yaang terkutuk".Adapun lafadz isti'adzah yang dicontohkan Rasulullah adalah dengan membaca"A'udzubillahi minaas Syaithanir Rajim atau mengucap"A'udzubillahis Sami'il Alim minasy Syaithanir Rajim min Hamzihi wa Nafkhihi wa Naftsihi".Adapun Basmalah adalah mengucap"Bismillahir Rahmanir Rahiim",sebagaimana dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Muslim (400) dari Anas dia berkata:"Suatu hari Rasulullah berada di tengah-tengah kami lalu beliau tiba-tiba pingsan,kemudian beliaupun siuman sambil tersenyum,kamipun bertanya;Apa yang membuatmu tersenyum wahai Rasulullah?Beliau menjawab:"Sebuah surat telah baru saja diturunkan kepadaku"Lalu beliau membaca basmalah dan membaca surat al-Kautsar".audio quran
  3. Tidak boleh memegang alquran kecuali orang yang telah berwudhu,Nabi-shallallahu alaihi wasallam-bersabda:"Tidak boleh memegang alquran kecuali orang yang suci(telah berwudhu)" (Lihat al-Irwa' 122).
  4. Boleh membaca alquran bagi yang belum berwudhu dengan cara menghafal,adapun bagi yang masih junub maka dia tidak boleh samasekali membaca alquran sampai dia mandi janabah,sebagaimana dikatakan oleh Ali:"Rasulullah senantiasa membacakan kami alquran selama beliau tidak dalam keadaan junub"(HR.Ahmad.627) pentahqiqnya mengatakan:sanadnya hasan.
  5. Boleh membaca alquran bagi perempuan yang haid dan nifas tanpa memegang mushaf,hal ini karena tidak ada dalil shahih tentang larangan membaca alquran bagi perempuan haid/nifas(Lihat fatwa lajnah da'imah KSA no.3713).alquran online
  6. Disunnahkan membaca alquran dengan suara yang bagus dan merdu,namun tidak boleh sampai seperti suara orang yang bernyanyi,sebagaimana yang diriwayatkan oleh al-Bara' dia berkata:"Aku pernah mendengar Rasulullah membaca "Wat Thini waz Zaitun" ketika sholat isya,dan aku tidak pernah mendengar orang yang lebih bagus suara dan bacaannya dari beliau".(HR.Bukhari.769).Beliau juga bersabda"Hiasilah suaramu dengan alquran"(HR.Abu Dawud 1468 dishahihkan oleh al-Albani).
  7. Boleh menangis ketika baca alquran,sebagiamana diriwayatkan oleh Abdullah bin Syikhir,dia berkata:"Aku mendatangi Nabi sedangkan beliau dalam keadaan sholat,dan aku mendengar bunyi tangisan beliau(membaca alquran) laksana bunyi didihan air dalam panci"(Syarhus Sunnah oleh al-Baghawi.729).

0 Response to "Adab Membaca Quran,Quran MP3 Free Download"

Posting Komentar

Pertanyaan dan komentar, akan kami balas secepatnya-insyaallah-.