Hari Raya Idul Adha,Hewan Kurban Dan Khutbah Idul Adha

Posted by Abuzaid Az Rabu 1 komentar
Idul Adha bahagia
Idul Adha sebentar lagi,di sini kami sajikan pembahasan ringkas tentang hari raya idul adha,semoga bermanfaat:
Kata "I'ed" diartikan setiap hari di mana orang-orang berkumpul,diambil dari kata 'Ada-Ya'udu (Bhs.Arab)yang artinya;kembali,Ibnul Arabi berkata:"Dinamakan Idul Adha karena dia kembali setiap tahun dengan kebahagiaan yang baru" (Lisanul Arab III/319).

Rahmat Allah Bagi Ummat Ini Dengan Dua Hari Raya
Dari Anas Bin Malik dia berkata;Nabi-shallallahu alaihi wasallam-hijrah ke Madinah sedangkan ketika itu kami mempunyai dua hari raya (pada masa jahiliyah),maka beliaupun bersabda:"Aku datang berhijrah kepada kalian sedangkan kalian mempunyai dua yang kalian gunakan untuk bersenang-senang di dalamnya dan ketahuilah bahwasanya Allah telah mengganti keduanya dengan yang lebih baik yaitu:Hari Raya Idul Adha dan Hari Raya Idul Fitri.(Hadits Shahih HR.Abu Dawud.no.1134).
Dalam kitab Aunul Ma'bud (III/485):Dua hari raya yang dimaksud itu adalah Hari Nairuz dan Hari Mihrajan.

Melakukan Shalat Idul Adha Di Lapangan
Dari Abu Sa'id al-Khudry dia berkata:Kebiasaan Rasulullah-shallallahu alaihi wasallam-keluar untuk shalat hari raya Idul Adha dan Idul Fitri ke lapangan,maka (sesampai beliau di lapangan) perkara pertama yang beliau lakukan adalah shalat I'ed...(Hadits Shahih.HR.Bukhari no.956).
Ibnul Haaj berkata:"Sunnah yang dilakukan oleh para pendahulu adalah melakukan shalat dua hari raya di lapangan"(al-Madkhal II/283).
Ada hal penting mengapa disunnahkan shalat hari raya dilapangan,yang demikian supaya kaum muslimin di daerah itu bisa berkumpul dalam satu tempat,berbeda dengan yang kita lihat dewasa ini adalah banyaknya berpecahnya kaum muslimin dalam menunaikan shalat hari raya tampa alasan yang masuk akal,dan hal ini sangat banyak ulama yang menyindirnya,misalnya lihat (Nihayatul Muhtaj II/375).

Takbiran Pada Hari Raya Idul Adha
Syaikh Ahli Hadits Abad ini Muhammad Nasiruddin al-Albany berkata:
"Dalam hadits di atas terdapat dalil bagi amalan yang dilakukan oleh kaum muslimin yaitu melakukan takbiran di jalan menuju ke lapangan,walaupun sebagian mereka sudah mulai meremehkan hal ini..(As-Shahihah I/121).
Di anatara hal yang harus diingatkan di sini bahwasanya melakukan takbiran dengan suara keras tidak diperintahkan melakukannya dengan satu suara (koor) sebagai mana yang dilakukan sebagian orang..
Dan yang disunnahkan bertakbiran pada setiap waktu tidak dikhususkan hanya setelah shalat fardhu,maka hendaknya dia bertakbir mulai dari shubuh hari Arafah sampai berakhir hari tasyrik.(Ahkamul Idain hlm 28-29).

Hukum-hukum Yang Berkaitan Dengan Idul Adha
  1. Disunnahkan untuk tidak makan dulu pada hari raya Idul Adha kecuali setelah selesai shalat I'ed (Hadits Hasan.HR.at-Tirmidzy 542).Hikmah dari hal ini sebagimana dikatakan oleh Asy-Syaukani:"Karena pada hari itu disyari'atkan untuk menyembelih hewan kurban dan disunnahkan juga memakannya,maka dianjurkan supaya sarapannya juga dari hewan kurban itu ((an-Nail III/375).
  2. Dianjurkan mandi sebelum berangkat shalat Idul Fitri dan Idul Adha.
  3. Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah berkata dalam (al-Majmu 23/161):"Kita menguatkan pendapat yang menagatakan bahwasanya shalat Idul Adha dan Idul Fitri adalah wajib sebagimana yang dikatakan oleh Imam Abu Hanifah.
  4. Diberikan pilihan bagi kaum muslimin yang hadir untuk shalat hari raya,mengikuti dan ikut serta mendengar khutbah hari raya idul adha dan idul fitri atau pergi dan tidak ikut serta mendengar khutbah,dari Abdullah bin Sa'ib,dia berkata:"Aku hadir untuk shalat I'ed bersama Nabi-shallallahu alaihi wasallam-maka apabila beliau telah selesai shalat beliau bersabda:"Saya akan berkhutbah,maka barangsiapa yang ingin duduk mendengarkan khutbah maka hendaknya dia lakukan,dan barangsiapa yang ingin pergi maka tidak apa-apa dia pergi.(Hadits Shahih HR.Abu Dawud no.1155)
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA
Judul: Hari Raya Idul Adha,Hewan Kurban Dan Khutbah Idul Adha
Ditulis oleh Abuzaid Az
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://abuzaidaz.blogspot.com/2012/10/hari-raya-idul-adhahewan-kurban-dan.html tapi kalau tidak juga ndak apa-apa. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini,semoga mendapat ilmu yang bermanfaat.

1 komentar:

Jaket kulit mengatakan...

wah wah sebentar lagi ni Idul adha ayo qurbannnn

Poskan Komentar

Pertanyaan dan komentar, akan kami balas secepatnya-insyaalah-.

Berlangganan Artikel Via E-mail

Masukkan Alamat E-mail Anda Lalu Klik Subscribe:

Delivered by FeedBurner

Total Kunjungan

Modified by indovisit - abuzaidaz. Original by rhino | Copyright of abuzaidAZ.