Cari Kerja Atau Belajar?

Pertanyaan:
Saya adalah seorang penuntut ilmu dan keluarga saya mempunyai beberapa jenis usaha lalu ayah saya berkata kepada saya:"bekerjalah untuk kami karena itu lebih berguna untuk kita".Maka apakah saya harus meninggalkan menuntut ilmu? Apakah bekerja untuk keluarga lebih utama atau tidak?
Jawaban:
Tidak diragukan lagi bahwa menuntut ilmu lebih utama kecuali dalam keadaan darurat.Akan tetapi,bisa dipadukan antara keduanya terutama kaitannya dengan masalah ekonomi-alhamdulillah-,kita manusia kebanyakan telah diluaskan rizkinya oleh Allah sehingga memungkinkan bagimu untuk memenuhi kebutuhan keluargamu.Jadi,menikahlah dengan seseorang yang memiliki harta sehingga engkau bisa terus menuntut ilmu(Fatwa Syaikh al-Utsaimin,,Kitabul Ilmi Fatwa No.30,Dikutip dari Menuntut Ilmu Jalan Menuju Surga karya Ust.Yazid Abdul Qadir Jawwaz hlm.310)

0 Response to "Cari Kerja Atau Belajar?"

Posting Komentar

Pertanyaan dan komentar, akan kami balas secepatnya-insyaallah-.