Keutamaan Hari Jum'at

Allah-ta'ala-telah memberi keutamaan kepada hari Jum'at atas hari-hari yang lain,berikut ini admin akan mengulas tantang keutamaan,adab-adab serta hukum-hukum yang berkaitan dengan hari Jum'at yang seharusnya diketahui oleh setiap muslim yang kami terjemahkan dari sebuah risalah kecil yang dicetak oleh Maktab Daarul Qasim Riadh,Saudi Arabia.

Makna Kata "Jum'at"
Kata "Jum'at" diambil dari kalimat ijtima' yang artinya adalah berkumpul karena pada hari itu biasanya orang-orang banyak berkumpul,pada masa Jahiliyyah hari jum'at ini disebut dengan Hari Arubah.

Keutamaan Hari Jum'at
Rasulullah-shallallahu alaihi wasallam-bersabda:



خَيْرُ يَوْمٍ طَلَعَتْ عَلَيْهِ الشَّمْسُ يَوْمُ الْجُمْعَةِ:فِيْهِ خُلِقَ آدَمُ,وَفِيْهِ أُخْرِجَ مِنْهَا,لَا تَقُوْمُ السَّاعَةُ إِلَّا يَوْمَ الْجُمْعَةِ
“Hari terbaik adalah hari Jum’at:pada hari itulah Nabi Adam diciptakan,pada hari itu dia dikeluarkan dari surge,dan kiamat tidak akan terjadi kecuali pada hari Jum’at”(HR.Muslim:26/1984).

Anjuran Untuk Mandi Pada Hari Jum'at

اَلْغُسْلُ يَوْمَ الْجُمْعَةِ وَاجِبٌ عَلَى كُلِّ مُحْتَلِمٍ

“Mandi pada hari Jum’at adalah sangat dianjurkan atas setiap orang yang balig” (HR.Muslim 5/1954).
Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah dalam"al-Ikhtiyaraat" berpendapat dianjurkannya mandi hari Jum'at,dan mandi itu adalah wajib bagi yang badannya kotor dan bau sebelum pergi shalat Jum'at.

Memakai Minyak Wangi Hari Jumat
Dari Abu Hurairah dia berkata:"Dianjurkan mandi pada hari Jumat atas setiap orang yang balig,dan dianjurkan juga memakai minyak wangi semampunya"(HR.Muslim 7/19570).

Keutamaan Bersegera Pergi Ke Masjid
Dari Abu Hurairah dia berkata:Rasulullah-shallallahu alaihi wasallam-"Apabila datang hari Jumat maka di setiap pintu masjid ada beberapa malaikat yang bertugas menulis siapa yang datang pertama ke masjid,apabila khatib telah duduk (di mimbar) maka merekapun menutup catatan mereka dan datang mendengarkan dzikir,maka perumpamaan orang yang datang cepat laksana seorang yang menghadiahkan unta besar,kemudian untuk yang datang setelah itu laksana orang yang menghadiahkan seekor sapi,kemudian laksana orang yang menghadiahkan kambing,kemudian laksana orang yang menghadiahkan seekor ayam,kemudian laksana orang yang menghadiahkan sebutir telur".(HR.Muslim 24/1981).
Waktu mendatangi masjid ini dimulai dari ketika matahari telah terbit dan waktu yang dilarang untuk shalat berakhir.

Diam Untuk Mendengarkan Khutbah
Dari Abu Hurairah dia menceritakan bahwa Rasulullah-shallallahu alaihi wasallam-bersabda:"Apabila engkau berkata kepada temanmu:Diamlah,pada hari Jumat sedangkan imam sedang berkhutbah,maka engkau telah merugi".(HR.Muslim 11/1962).

Shalat Tahiatul Masjid
Dari Jabir bin Abdillah dia berkata:Sulaik al-Ghatafani datang pada hari Jumat,sedangkan Rasulullah-shallallu alaihi wasallam-sedang berkhutbah,lalu diapun duduk (tidak shalat tahiatul masjid),lalu Rasulullah berkata kepadanya:"Wahai Sulaik,bangun dan shalatlah dua raka'at dan lakukanlah dengan pendek,lalu Rasulullah bersabda:"Apabila salah seorang di antara kalian datang pada hari Jumat sedangkan imam sedang berkhitabh maka hendaknya dia shalat dua rakaat dengan pendek".(HR.Muslim 59/2021).
"Hal yang perlu diperhatikan di sini bahwa shalat Jumat tidak mempunyai sunnah Qabliyah,akan tetapi boleh baginya untuk melakukan shalat dua rakat atau empat rakaat sebelum khutbah karena Rasulullah bersabda:"Kemudian hendaknya dia shalat semampunya".

Saat-saat Doa Dikabulkan Pada Hari Jumat
Dari Abu Hurairah bahwasanya Rasulullah menyebutkan tentang hari Jumat lalu beliau bersabda:"Di hari Jumat itu ada satu waktu yang apabila seseorang shalat dan berdoa bertepatan dengan saat itu,niscaya doanya akan dikabulkan.(HR.Muslim 13/1966).  

 

2 Responses to "Keutamaan Hari Jum'at"

udin mengatakan...

Assalamu'alaikum Pak Ustadz!
Sehubungan dengan dikumandangkannya adzan 2X pada sholat Jum'at, dalilnya mengikuti sunnah khulafaur rasyidin dan hal ini Khalifah Ustman R.A. Apakah manusia sekaliber Khalifah Usman R.A juga bisa terjerumus dalam perbuatan bid'ah ? Mohon koreksinya Pak Ustadz!

abuzaid mengatakan...

jawaban pertanyaan antum sudah ana posting dalam artikel berjudul"Seputar Azan Pertama Sholat Jumat".

Posting Komentar

Pertanyaan dan komentar, akan kami balas secepatnya-insyaallah-.