Hukum Bekerja di Bank Ribawi (Konvensional)


ذهب بعض العلماء المتأخرين إلى انه لا يجوز العمل في البنوك الربوية مهما كان عمل الموظف ,ولو لم يباشر العمل الربوي والعقود الربوية ومن هؤلاء سماحة شيخنا الشيخ عبدالعزيز بن باز وفضيلة الشيخ محمد بن عثيمين رحمهما الله استدلال بقوله تعالى : ((وتعاونوا على البر والتقوى لا تعاونوا على الإثم والعدوان )) .
 Sebagian ulama zaman ini berpendapat bahwa tidak boleh bekerja di bank-bank konvensional yang bermu'amalah dg riba apapun jenis pekerjaan yang dilakukan,walaupun dia tidak melakukan pekerjaan riba serta akad-akad ribawi,di antara ulama yang kami maksud adalah Syaikh kami Syaikh Abdul Azizi bin Baz dan juga Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin-rahimahuma Allah-berdalil dengan firman Allah

وتعاونوا على البر والتقوى لا تعاونوا على الإثم والعدوان
"Dan tolong menolonglah kalian dalam kebaikan dan takwa dan jangan tolong menolong dalam perbuatan dosa dan permusuhan"
وذهب سماحة شيخنا الشيخ عبد الله بن محمد بن حميد رئيس مجلس القضاء الأعلى سابقاً رحمه الله إلى جواز العمل في البنوك إذا كان  الموظف لا يباشر عملاً أو عقداً ربوياً فقد سئل سماحته  السؤال التالي:"أُتيحت لي فرصة عَمل في بنك أعمل على الآلة الكاتبة وهذا البنك يتعامل في الربا ويتقاضاه . فما حُكم عملي به ؟وما حُكم ما أتقاضاه مع العلم بأني لا أكتب شيئاً يمس هذا الربا ؟ أفيدونا وجزاكم الله خير .
Adapun Syaikh kami Syaikh Abdullah bin Muhammad bin Humaid mantan kepala Majlis Pengadilan  tertinggi -rahimahullah-berpendapat bahwa boleh kita bekerja pada bank-bank tersebut jika pegawai atau pekerja itu tidak melakukan secara langsung pekerjaan atau akad riba,beliau ditanya seperti ini:Saya diberi kesempatan untuk bekerja di sebuah bank saya kerja di komputer,bank ini bermuamalah dengan riba,maka apa hukum pekerjaan saya ini?dan apa hukum apa yang saya lakukan dan untuk diketahui saya tidak pernah menulis satu halpun yang berkaitan dengan riba,jazakumullah khairan  
فأجاب رحمه الله : نعم . لا بأس بذلك مادام أن راتبك لم يكن من الربا عيناً .بل هو مختلط , يحتمل أن يكون من الربا ويحتمل ألا يكون من الربا . فمادام أن الأمر مشتبه , فيجوز لك أخذه , وخاصة أنك لا تساعد على كتابة الربا ولا تكتب النقود المشتبه بها للربا .
Beliau-rahimahullah-menjawab:ya,boleh selama gaji anda tidak murni berasal dari hasil riba,akan tetapi bercampur,bisa jadi berasal dari hasil riba dan yang lainnya,maka selama hal ini masih samar maka boleh anda mengambil gaji anda,apalagi anda tidak pernah membantu dalam penulisan riba,dan tidak pula menulis apa yang berkaitan dengan uang riba
فقد جاء في الحديث : أن النبي صلى الله عليه وسلم قال: ((لعن الله آكل الربا ومُوكِلَه وكاتبه وشاهديه)) وفي الحديث الآخر قال صلى الله عليه وسلم : ((الربا ثلاثه وسبعون باباً أيسرها مثل أن ينكح الرجل أُمه)) فالربا أمره عظيم وشأنه كبير ,وقد قال ابن دقيق العيد: إن آكلة الربا تكون خاتمتهم سيئة والعياذ بالله كما هو مشاهد.
telah datang dalam hadits bahwa Nabi-shallallahu alaihi wasallam-bersabda
 
لعن الله آكل الربا ومُوكِلَه وكاتبه وشاهديه
"Allah melaknat pemakan riba,pemberi riba,penulisnya dan dua saksinya"
Dalam hadits yang lain
 
الربا ثلاثه وسبعون باباً أيسرها مثل أن ينكح الرجل أُمه
"Riba itu mempunyai 73 pintu,yang paling ringan adalah seperti seorang yang menggauli ibunya sendiri"
Dari itu maka riba ini adalah perkara besar dan bahaya,Ibnu Daqiq al-'Ied berkata:"Sungguh pemakan riba biasanya dia su'ul khatimah-na'udzubillah-sebagaimana realitanya.
الحاصل أنه إذا اشتبه الأمر عليك ودفع لك راتبك ولا تدري هل هو عين الربا أو من غيره فلا بأس بأخذه كما قرره شيخ الإسلام ابن تيمية –رحمه الله- وإذا كنت لا تكتب الربا ولا تساعد في كتابته , وإنما تكتب أشياء أخرى كما هو ظاهر سؤالك فلا حرج إن شاء الله عليك والله أعلم" ا.هـ (مجموع فتاواه ص 187-188).
Intinya bahwa apabila hal ini samar dan gajimu dibayar,sedangkan anda tidak tahu apa itu murni dari hasil riba atau yang lainnya,maka tidak mengapa anda mengambilnya,sebagaimana yang dinyatakan oleh Ibnu Taimiyyah-rahimahullah-dan dengan syarat juga anda tidak menulis akad riba dan tidak membantu penulisannya,akan tetapi anda menulis yang lain sebagaimana yang nampak dari pertanyaan,maka tidak mengapa insyaallah-allaohu a'lam-,Majmu' Fatawa,hlm.187-188
وهذا القول هو الصواب والدليل على ذلك ما روى عبدالله بن مسعود رضي الله عنه  أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال:( لعن رسول الله صلى الله عليه وسلم آكل الربا وموكله)رواه مسلم  
Dan inilah pendapat yang benar,dalilnya adalah apa yang diriwayatkan oleh Abdullah bin Mas'ud bahwa Rasulullah bersabda:"Rasulullah melaknat pemakan riba,pemberi,penulis dan dua saksinya"HR.Muslim.
 ولا يدخل هذا الموظف في المحذور وما شمله اللعن في الحديث؛ لأنه لم يأكل الربا ولم يوكله ولم يكتبه ولم يشهد عليه  .
Dan pegawai yang dimaksud tidak masuk kedalam larangan serta hal-hal yang dicakup oleh hadits ini,karena dia tidak memakan riba dan tidak pula memberikan,menulis dan tidak menjadi saksi
وقد كان النبي صلى الله عليه وسلم يتعامل مع اليهود مع أكلهم السحت والربا كما في الحديث الصحيح عن عائشة رضي الله عنها أن رسول اللهصلى الله عليه وسلم اشترى من يهودي طعاماً ورهنه درعاً من حديد رواه البخاري برقم :(2068) وفي مواضع أخرى , ومسلم برقم :( 152/1603) .
 Dan Nabi dahulu bermuamalah dg orang yahudi padahal mereka adalah pemakan  barang haram dan riba sebagaimana dalam hadits yang shahih dari A'isyah-radiallohu anha-:Bahwasanya Rasulullah-shallallahu alaihi wasallam-pernah membeli makanan dari orang Yahudi dan menggadaikan baju besi.HR.Bukhari.no.2068,Muslim.no.152/1603
وأما الآية الكريمة فهي تنص على أن النهي إنما هو عن التعاون على الإثم والعدوان – أي في نفس العمل المحرم - مثل الذي يقدم الخمر لشاربيه أو يعين على صنعه قال القرطبي (ج7 ط الرسالة ص 269) في قوله تعالى:(ولا تعاونوا على الإثم )" قال وهو الحكم اللاحق عن الجرائم ".ا.هـ
Adapun ayat yang mulia di atas menyatakan bahwa dilarang melakukan tolong menolong dalam dosa dan permusuhan-maksudnya dalam pekerjaan haram itu sendiri-seperti orang yang menghidangkan minuman keras bagi para peminumnya atau menolong produsennya,Imam al-Qurtuby berkata-jilid 7 cet.ar-Risalah hlm.209-dalam firman Allah
 "Janganlah tolong menolong dalam dosa"  
Ini adalah hukum yang timbul akibat perbuatan maksiat itu
أما من يتعامل مع شارب الخمر في بيع الثياب و المباحات فلم يحرمه أحد من المسلمين مثل الموظف الذي يعمل في إدارة لا علاقة لها بالمحرمات والله أعلم .
Adapun orang yang bermuamalah dengan peminum minuman keras dalam bidang jual beli pakaian dan hal-hal mubah lainnya,maka tidak ada satupun kaum muslimin yang mengharamkan,seperti pegawai yang bekerja di kantor yang tidak punya hubungan dengan hal-hal haram,wallohu a'lam
 Sumber:website resmi Syaikh Abdul Muhsin al-Ubaikan:http://al-obeikan.com

0 Response to "Hukum Bekerja di Bank Ribawi (Konvensional)"

Posting Komentar

Pertanyaan dan komentar, akan kami balas secepatnya-insyaallah-.