Soal:
ما حكم
زيادة سعر السلعة بسبب تأجيل دفع الثمن على أقساط
Apa hukum bertambahnya harga barang akibat pembayaran dengan
angsuran atau kredit?.
Jawab:
هذه
المسألة تسمى زيادة السعر للأجل، أي زيادة سعر السلعة لأن المشتري يؤخر دفع ثمه في
قسط أو أقساط عديدة... وهي معاملة صحيحة جائزة بشرط: تحديد السعر النهائي عند
العقد، وأن لا يترتب على تغير مدة تسديد الأقساط تغير في الثمن المتفق عليه، فلو
أخر الأقساط، أو لم يدفعها أصلا... فليس له إلا أن يطالب بها من غير زيادة.
وهذه المعاملة بهذه الصفة جائزة في عند عامة العلماء من السلف والخلف، والقول بأنها مسألة إجماعية ليس ببعيد، وإنما نقل الشوكاني في نيل الأوطار المنع عن بعض أئمة الزيدية فالقول بالتحريم شاذ لا يلتفت إليه
وهذه المعاملة بهذه الصفة جائزة في عند عامة العلماء من السلف والخلف، والقول بأنها مسألة إجماعية ليس ببعيد، وإنما نقل الشوكاني في نيل الأوطار المنع عن بعض أئمة الزيدية فالقول بالتحريم شاذ لا يلتفت إليه
Masalah ini dinamakan dengan
masalah bertambahnya harga karena penundaan,yaitu bertambahnya harga barang
karena pembeli menunda pembayaran dengan system kredit atau angsuran-angsuran…dan
ini adalah mu’amalah yang benar dengan syarat penentuan harga barang ketika
aqad,serta perubahan waktu pembayaran tidak berpengaruh pada harga barang yang
telah disepakati,maka seandainya dia menunda pembayaran sebuah angsuran atau
dia sama sekali tidak membayaran angsuran maka dia hanya berhak meminta bayaran
kepada pembeli(tidak meminta tambahan angsuran sebagai denda).
Muamalah dengan cara seperti ini
adalah boleh menurut kebanyakan ulama baik dari kalangan salaf maupun
khalaf,dan kalau sebagian ulama mengatakan masalah ini adalah ijma(tentang
kebolehannya)maka ini perkiraan yang sangat mungkin,Imam asy-Syaukani hanya
mengutip pendapat sebagian imam-imam zaidiyah yang melarang mu’amalah semacam
ini,maka kita bisa katakan pendapat yang mengharamkan adalah pendapat yang
syadz.
وسئل
الشيخ ابن باز رحمه الله عن حكم الزيادة في الثمن مقابل الأجل فقال :
إن هذه المعاملة لا بأس بها لأن بيع النقد غير التأجيل ، ولم يزل المسلمون يستعملون مثل هذه المعاملة وهو كالإجماع منهم على جوازها ، وقد شذ بعض أهل العلم فمنع الزيادة لأجل الأجل وظن ذلك من الربا وهو قول لا وجه له وليس من الربا في شيء لأن التاجر حين باع السلعة إلى أجل إنما وافق على التأجيل من أجل انتفاعه بالزيادة والمشتري إنما رضي بالزيادة من أجل المهلة وعجزه عن تسليم الثمن نقداً
إن هذه المعاملة لا بأس بها لأن بيع النقد غير التأجيل ، ولم يزل المسلمون يستعملون مثل هذه المعاملة وهو كالإجماع منهم على جوازها ، وقد شذ بعض أهل العلم فمنع الزيادة لأجل الأجل وظن ذلك من الربا وهو قول لا وجه له وليس من الربا في شيء لأن التاجر حين باع السلعة إلى أجل إنما وافق على التأجيل من أجل انتفاعه بالزيادة والمشتري إنما رضي بالزيادة من أجل المهلة وعجزه عن تسليم الثمن نقداً
Syaikh Bin Baz-rahimahullah
ditanya tentang hukum penambahan harga barang sebagai konsekwensi penundaan
pembayaran,lalu beiau berkata:Mu’amalah semacam ini adalah tidak mengapa,karena
menjual dengan kontan berbeda dengan menjual pakai kredit,dan kaum muslimin
senantiasa memakai system ini dan ini seolah-olah adalah ijma’ tentang
kehalalannya,sebagian ulama menyendiri dengan berpendapat tidak boleh menambah
harga akibat penundaan pembayaran,mereka menyangka ini adalah riba,ini adalah
pendapat yang tidak mempunyai dalil serta muamalah semacam ini sama sekali bukan
riba,karena seorang pedagang setuju ketika menjual barangnya dengan system kredit
karena dia mendapat manfaat dengan bertambahnya harga,adapun pembeli dia rela
membayaar harga yang lebih karena dia dapat faidah berupa penundaan pembayaran
serta dia tidak mampu membayar barang itu dengan kontan.
،
فكلاهما منتفع بهذه المعاملة ، وقد ثبت عن النبي صلى الله عليه وسلم ما يدل على
جواز ذلك وذلك أنه صلى الله عليه وسلم أمر عبد الله بن عمرو بن العاص رضي الله
عنهما أن يجهز جيشاً فكان يشتري البعير بالبعيرين إلى أجل ، ثم هذه المعاملة تدخل
في عموم قول الله سبحانه : (يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا تَدَايَنتُمْ
بِدَيْنٍ إِلَى أَجَلٍ مُسَمًّى فَاكْتُبُوهُ) البقرة/282 . وهذه المعاملة من
المداينات الجائزة الداخلة في الآية المذكورة وهي من جنس معاملة بيع السلم . . .
اهـ فتاوى إسلامية (2/331) .
Maka masing-masing baik pembeli
dan penjual mengambil faidah dari system ini,dan telah shahih dari
Nabi-sallallahu alaihi wasallam-hal menunjukkan bolehnya muamalah ini,yaitu
beliau memerintahkan Abdullah bin Amr bin Aash untuk mempersiapkan sebuah
pasukan,maka diapun membeli satu unta dengan dua unta(dengan syarat penundaan
pembayaran)kemudian muamalah seperti ini juga termasuk dalam keumuman firman
Allah-ta’ala-:
(يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا
تَدَايَنتُمْ بِدَيْنٍ إِلَى أَجَلٍ مُسَمًّى فَاكْتُبُوهُ) البقرة/282
Wahai orang-orang yang beriman
apabila karian berhutang dengan sebuah hutang dalam waktu tertentu maka
tulislah
Dan muamalah ini termasuk
hutang-piutang yang diperbolehkan yang cakupannya masuk dalam al-Qur’an tadi
dan ini juga termasuk jual beli salam (Fatwa Islamiyyah 12/331)
Sumber: http://www.turkmani.com/com_questions/details/8
0 Response to "Hukum Jual Beri Kredit"
Posting Komentar
Pertanyaan dan komentar, akan kami balas secepatnya-insyaallah-.