Benarkah Di Jeddah Terdapat Makam Siti Hawa?

  Di antara makam yang terkenal dan banyak disebut-sebut oleh orang-orang adalah sebuah makan yang panjang di kota Jeddah KSA,yang disebut orang sebagai makam Siti Hawa istri Nabi Allah Adam-alaihis salam-,benarkah itu makamnya Hawa?
Sungguh syaithan menjadi pembantu mereka-yaitu para penyembah kubur-,syaithan telah menghiasi perbuatan syirik ini di mata  mereka,maka diadakanlah kuburan di Jeddah yang panjangnya 60 hasta lalu syaithan membisikkan kepada mereka bahwa itu kuburan Hawa[1].
Oleh karena itu ada yang mengatakan bahwa sebab penamaan kota ini dengan Jeddah karena dongeng dan khurafat yang mengatakan bahwa di kota ini terdapat kuburan Hawa nenek moyang manusia[2].
Syaikh Ali Mahfudz al-Mishry mengatakan:”Di antara bid’ah dalam masalah aqidah adalah apa yang disebutkan oleh beberapa pendongeng bahwa Ka’bah diturunkan dari langit di zaman Nabi Adam,dan Nabi Adam sempat melakukan haji ke sana,lalu beretemu kembali dengan Hawa di Arofah,setelah sebelumnya Hawa mencari-cari Nabi Adam,tidak lama setelah mereka berdua diturunkan Allah dari surga,mereka berdalil akan hal ini dengan mengklaim kuburan palsu milik hawa di Jeddah[3].


[1] Majalah al-Buhuts al-Islamiyyah 81/514.
[2] Majalah al-Buhuts al-Islamiyyah 13/236,artikel Muhammad Fuhaim Mathr.
[3] Al-Ibda’ hlm.306.

1 Response to "Benarkah Di Jeddah Terdapat Makam Siti Hawa?"

surya83 mengatakan...

ngomong2 soal makam, penting ga penting....sejarah dari perilaku sejarahnyalah yang penting. tinggal kebenarannya yg sulit dibuktikan, begitu rumit dan penuh intik.

Posting Komentar

Pertanyaan dan komentar, akan kami balas secepatnya-insyaallah-.