Meraih Pahala Puasa yang Sempurna

Yang namanya orang puasa adalah orang yang mempuasakan seluruh anggota badannya dari dosa, mempuasakan lisannya dari perkataan keji, dosa dan dusta, mempuasakan perutnya dari makan dan minum serta mempuasakan kemaluannya dari jima’, jika bicara dia bicara dengan perkataan yang tidak merusak puasanya, hingga jadilah perkataannya baik dan amalannya shalih.
Inilah puasa yang disyari’atkan Allah, bukan hanya tidak makan dan minum semata serta tidak melampiaskan syahwat. Puasa adalah puasa anggota badan dari dosa dan perut dari makan dan minum. Serta seluruh anggota badan dari perbuatan maksiat.
Rasulullah bersabda:

رُبَّ صَائِمٍ لَيْسَ لَهُ مِنْ صِيَامِهِ إِلاَّ الْجُوْعُ وَالْعَطَشُ
“Betapa banyak orang yang berpuasa namun dia tidak mendapatkan dari puasanya kecuali rasa lapar dan dahaga”.(HR.Ahmad 2:373, Syaikh Syu’aib al-Arnauth menyatakan sanadnya jayyid).
Berikut adalah beberapa perbuatan yang bisa mengurangi pahala puasa dan merusaknya:

Perkataan Dusta dan Palsu
Rasulullah-shallallahu alaihi wasallam-bersabda:

من لم يَدَعْ قولَ الزُّور والعملَ به ، فليس لله حاجةٌ في أن يَدَع طعامَه وشرابَه
“Barangsiapa yang tidak meninggalkan perkataan dusta dan (tetap) mengamalkannya, maka tidaklah Allah butuh (atas perbuatannya meskipun) dia meninggalkan makan dan minum”(HR.al-Bukhari 1903).

Perbuatan sia-sia dan kotor
Rasulullah-shallallahu alaihi wasallam-bersabda yang artinya:
“Puasa bukanlah (hanya) dari makan dan minum, tapi puasa itu menahan diri dari perbuatan sia-sia dan keji, jika ada orang yang mencelamu, katakanlah:”Aku sedang puasa, aku sedang puasa”(HR.Ibnu Khuzaimah, Syaikh Mustafa al-A’dzamy mengatakan sanadnya shahih).

Apakah Puasa Seseorang Batal dengan Perbuatan2 Ini?
Ibnu Taimiyah berkata:”Pendapat yang benar dalam masalah ini, bahwasanya Allah memerintahkan kita untuk berpuasa untuk mendapat predikat takwa, sedangkan Rasulullah bersabda (yang artinya): “Barangsiapa yang tidak meninggalkan perkataan dusta dan (tetap) mengamalkannya, maka tidaklah Allah butuh (atas perbuatannya meskipun) dia meninggalkan makan dan minum” maka apabila ketakwaan itu tidak terwujud (secara sempurna) maka maksud puasa itupun tidak terwujud secara sempurna, maka pahala puasanyapun dikurangi sesuai dengan beratnya perbuatan yang terlarang yang ia lakukan…”. (Mukhtashar Fatawa al-Mishriyyah dan al-Ikhtiyarat al-Fiqhiyyah).
Imam Ahmad berkata sebagaimana dalam al-Furu’:”Seandainya ghibah membatalkan puasa maka tidak aka nada orang yang sah puasanya”.

0 Response to "Meraih Pahala Puasa yang Sempurna"

Posting Komentar

Pertanyaan dan komentar, akan kami balas secepatnya-insyaallah-.