Istri Nabi Yusuf-alaihis salam-

nabi yusuf menikah
Ada pertanyaan berbunyi:”Apakah Nabi Yusuf  menikah dan mempunyai anak? Siapa istri Nabi Yusuf?Apakah ada dalil tentang masalah ini dalam al-Qur’an dan as-Sunnah? Karena saya dengar sebagian orang menyebutkan bahwa istrinya al-Aziz masuk Islam lalu menikah dengan Nabi Yusuf?


Jawaban:
Beberapa sejarawan menyebutkan akan hal ini, namun kebanyakannya adalah riwayat-riwayat yang bersumber dari Ahlul Kitab/isra’iliyat yang tidak mempunyai sanad yang bersambung kepada Rasulullah-shallallahu alaihi wasallam-, sikap seorang muslim terhap riwayat isra’iliyat semacam ini adalah tidak membenarkan dan tidak pula mendustakan, di antara riwayat masyhur tentang masalah ini adalah riwayat yang datang dari jalan Muhammad bin Ishaq, dia mengatakan:
“Ketika Nabi Yusuf berkata kepada sang raja:


 اجعلني على خزائن الأرض إني حفيظ عليم


“Jadikanlah aku bendaharawan negara (Mesir), sesungguhnya aku adalah orang yang pandai menjaga dan berpengetahuan”.(QS:Yusuf:55).
Sang rajapun mengatakan:”Saya telah mengangkatmu menjadi bendaharawan”. Maka sang raja memberhentikan Ithfir dari jabatannya lalu menggantinya dengan Nabi Yusuf.
Ibnu Ishaq melanjutkan:”Maka diceritakan kepadaku bahwa Ithfir ini tidak lama setelah itu meninggal dunia, lantas raja ketika itu yang bernama ar-Rayyan ibnul Waliid menikahkan Nabi Yusuf dengan istrinya Ithfir yang bernama “Raa’il” , lalu ketika Nabi Yusuf menemuinya beliau berkata:”Bukankah yang seperti ini jauh lebih baik dari pada apa yang engkau mau lakukan dahulu? Maka Raa’il ini menjawab:”Janganlah engkau mencelaku, saya ini sebagaimana yang engkau ketahui adalah perempuan yang molek dan cantik, hidup bergelimang kemewahan dunia, namun suami saya tidak bisa mendatangi wanita, sedangkan engkau diciptakan Allah begitu tampan dan rupawan, maka sayapun tergoda”.
Disebutkan juga bahwa: Nabi Yusuf mendapati Raa’il ini dalam keadaan perawan, dan mendapatkan dua anak darinya; Afranim bin Yusuf dan Misya bin Yusuf, lalu Afranim ini mempunyai anak bernama Nun bin Afranim ayah dari Yusya’ bin Nun, dan Rahmah istri Nabi Ayyub”.
Riwayat semacam ini dibawakan oleh banyak ulama semisal at-Thabari dalam “Jaami’ul Bayaan”: 16/151, Ibnu Abi Hatim dalam “at-Tafsiir” : 7/2161 dari jalan Slamah dari Ibnu Ishaq. Riwayat semacam ini juga datang dari jalan Zaid bin Aslam, Wahab bin Munabbih yang terkenal akan periwyatan isra’iliyatnya[1].
Satu hal yang harus kita perhatikan bahwa menyibukkan diri dengan riwayat-riwayat seperti ini dan mencari lebih detail tentang urutan-urutan kejadiannya tidak membawa manfaat yang begitu berarti bagi seorang muslim, oleh karena itu tidak dijelaskan secara detail oleh al-Qur’an dan as-Sunnah, seandainya mengetahui secara detail dan menyeluruh akan cerita ini membawa manfaat yang besar bagi seorang muslim niscaya al-Qur’an atau as-Sunnah akan menceritakannya dengan detail.




[1] Lihat “ad-Durrul Mantsuur” oleh as-Suyuti : 4/553

1 Response to "Istri Nabi Yusuf-alaihis salam-"

ajo anshor tauhid mengatakan...

tambahan referensi nih syukron
http://www.kumpulankonsultasi.com/2013/07/siapakah-istri-nabi-yusuf.html

Posting Komentar

Pertanyaan dan komentar, akan kami balas secepatnya-insyaallah-.