Masalah Karang Gigi dan Cara Mengatasinya

Karang gigi merupakan salah satu permasalahan gigi dan mulut yang kerap terjadi. Karang gigi adalah plak yang menempel pada gigi dan gusi. Karang gigi dapat menimbulkan penyakit gusi dan menyebabkan bau mulut. Bukan hanya itu, karang gigi juga dapat merusak gigi sehingga memicu terjadinya gigi berlubang. Oleh karena itu membersihkan karang gigi sangat penting dilakukan.

Cara membersihkan karang gigi


Cara Alami
1. Menggunakan cengkeh
Cengkeh merupakan rempah yang umumnya dipakai sebagai campuran bumbu masak. Namun, ternyata cengkeh juga bisa digunakan sebagai bahan yang dapat membersihkan karang gigi. Ini caranya:
  • Siapkan sebanyak 7 buah biji cengkeh
  • Tumbuk sampai halus, gunakan gosokkan pada gigi yang berkarang seperti menggosok gigi
  • Bisa juga digunakan sebagai obat kumur
  • Gunakan secara rutin agar hasil maksimal
2. Bji asam kawak
Asam Jawa atau asam kawak selama ini telah populer sebagai campuran bumbu masakan. Padahal asam kawak ini juga memiliki khasiat untuk kesehatan dan kecantikan. Untuk kesehatan, asam kawak bermanfaat untuk mengobati penyakit eksim, sedangkan manfaatnya untuk kecantikan salah satunya yaitu dapat menghilangkan karang gigi. Berikut cara pemakaiannya:
  •  Sangrai biji asam kawak sampai hitam
  • Tumbuk sampai halus
  • Gunakan bubuk hasil tumbukan untuk menggosok karang gigi dengan bantuan sikat gigi atau kapas
  • Gunakan  secara rutin
3. Buah apel
Manfaat buah apel sudah banyak diketahui. Beberapa diantaranya yaitu mencegah diabetes, meningkatkan sistem imun tubuh, dan lainnya. Namun ternyata masih jarang yang tau kalo buah apel ternyata bermanfaat untuk membersihkan karang gigi secara alami dan ilmiah. Cara membersihkan karang gigi dengan buah apel yaitu cukup dengan mengonsumsinya secara rutin. Tekstur apel yang agak keras ternyata mampu mengikis karang yang timbul di gigi secara perlahan. Sebaiknya Anda makan buah apel yang masih segar dan memiliki tekstur yang masih baik.

Membersihkan karang gigi dengan cara medis
Cara medis dapat dilakukan untuk membersihkan karang gigi jika karang yang ada sudah sangat parah. Untuk biaya tergantung Dokter atau di mana Anda membersihkannya. Anda dapat memeriksa gigi setiap enam bulan sekali untuk memeriksa dan membersihkan karang gigi.

1 Response to "Masalah Karang Gigi dan Cara Mengatasinya"

Yuyut Wahyudi mengatakan...

makasih Gan

Posting Komentar

Pertanyaan dan komentar, akan kami balas secepatnya-insyaallah-.