Pentingnya Belajar Bahasa Arab

Berikut beberapa kutipan ucapan para ulama salaf tentang pentingnya mempeljari dan menguasai bahasa arab:

نقل السيوطي عن الإمام الشافعي : "ما جهل الناس ولا اختلفوا إلا لتركهم لسان العرب وميلهم إلى لسان أرسطاطاليس." (صون المنطق : 15)

Imam as-Suyuti mengutip ucapan Imam as-Syafii : “Tidaklah manusia itu bodoh dan berselisih melainkan karena mereka meninggalkan bahasa arab dan condong kepada bahasa Aristoteles.”(Shaun al-Mantiq: 15).
Pentingnya Belajar Bahasa Arab


وقال السيوطي : "وقد وجدت السلف قبل الشافعي أشاروا إلى ما أشار إليه أن سبب الابتداع : الجهل بلسان العرب." (صون المنطق :22)

as-Suyuti mengatakan : “Aku telah menemukan para salaf sebelum as-Syafii mengatakan sebagimana yang beliau katakana bahwa salah satu penyebab munculnya bid’ah adalah kebodohan terhadap bahasa arab.” (Shaun al-Mantiq : 22).

قال الشاطبي : "إن هذه الشريعة المباركة عربية , لا مدخل فيها للألسنة الأعجمية...

والقرآن نزل بلسان العرب فطلب فهمه إنما يكون من هذا الطريق خاصة, فمن أراد تفهمه فمن جهة لسان العرب يفهم, ولا سبيل إلى تطلب فهمه من غير هذه الجهة." (الموافقات : 2\101)

as-Syatibi mengatakan : “Sesungguhnya syariat yang diberkahi ini adalah dengan bahasa arab, tidak peran bahasa asing padanya…

Sedangkan al-Quran ini datang dengan bahasa arab, maka untuk memahaminya hanya dengan memahami bahasa ini, barangsiapa yang ingin memahami syariat ini maka hanya dengan memahami bahasa arab, tidak ada jalan untuk memhaminya kecuali melalui jalan ini.” (al-Muwafaqaat : 2/101).

عن نافع عن ابن عمر أنه كان يضرب ولده على اللحن. (المصنف لابن أبي شيبة : 10\8\30521 بسند صحيح).

Dari Nafi’ dari Ibnu Umar bahwa beliau (Ibnu Umar) memukul anak beliau jika salah (berbicara bahasa arab). (al-Mushannaf : 1/8/3051).

قال عمر بن الخطاب - رضي الله عنه - : " تعلموا العربية فإنها تزيد في المروءة." (الجامع لأخلاق الراوي آداب السامع : 2\25).

Umar bin Khattab berkata : “Pelajarilah bahasa arab karena bisa menambah kehormatan.”(al-Jami : 2/25).

قال شعبة : "تعلموا العربية فإنه تزيد في العقل." (أمالي الزجاجي : 185).

Syu’bah mengatakan : “Pelajarilah bahasa arab karena bisa menambah kecerdasan.”(Amali az-Zajaji : 185).

0 Response to "Pentingnya Belajar Bahasa Arab"

Posting Komentar

Pertanyaan dan komentar, akan kami balas secepatnya-insyaallah-.