Menjaga Waktu

menjaga waktu
Para ulama salaf memberikan perhatian yang besar terhadap penggunaan waktu,mereka sangat bersemangat untuk mengisi waktu mereka dengan amal kebaikan,baik mereka yang terkenal karena ibadahnya yang banyak maupun mereka yang terkenal dengan ilmunya yang luas,berikut beberapa kutipan yang kami ketengahkan dari kitab-kitab para ulama tentang bagaimana mereka memakai waktu mereka.
Ibnul Qayyim berkata seraya berceria tentang gurunya Ibnu Taimiyah,guru saya (Ibnu Taimiyah) bercerita kepada saya:pada suatu hari saya tertimpa sebuah penyakit,lantas dokter berkata kepada saya:sesungguhnya engkau membaca kitab-kitab dan menyampaikan kajian dan muhadarah bisa menambah parah penyakitmu,kemudian aku berkata kepadanya:sungguh aku tidak bisa meninggalkan itu semua,sekarang engkau bandingkan perkataanku dengan ilmu kedokteran yang engkau miliki,bukankah apabila jiwa itu gembira dan senang tubuh itu menjadi kuat,lalu dengan demikian dia bisa menangkis penyakit? lalu sang dokter berkata:ya perkataanmu benar,lalu aku berkata:ketahuilah bahwasanya jiwaku gembira dengan ilmu,lalu dengan itu tubuh saya menjadi kuat dan sayapun menjadi gembira,kemudian si dokter berkata:apa yang engkau katakan tidak termasuk dalam ilmu kedokteran yang saya ketahui.(Raudhatul Muhibbin:hlm.70).
Ibnul Attar (salah seorang murid Imam Nawawy) berkata:guruku (Imam Nawawy) bercerita kepadaku seraya berkata:saya sama sekali tidak pernah membuang waktu saya sedikitpun baik di waktu siang maupun malam kecuali hanya untuk menimba ilmu,sampai ketika saya berada di jalan saya membaca dan memegang kitab,Ibnul Attar berkata:apa yang beliau lakukan ini berlangsung selama enam tahun,lalu setelah itu beliau mulaimengarang kitab,mengajar dan memberi nasihat,beliau tidak makankecuali hanya sekali yaitu hanya makan malam saja,beliau hanya minum sekali saja yaitu ketika sepertiga malam terakhir,beliau tidak suka makan buah-buahan dan mentimun seraya berkata:saya takun buah itu membuat badan saya lembab lalu membuat saya cepat mengantuk.(Tadzkiratul Huffadz:hlm.IV/1472).
insya Allah bersambung...

0 Response to "Menjaga Waktu"

Posting Komentar

Pertanyaan dan komentar, akan kami balas secepatnya-insyaallah-.