KEUTAMAAN MASJID AQSA DI PALESTINA

al aqsa
   Luka kaum muslimin semakin parah dengan keadaan masjidil aqsa sekarang ini, di mana kejahatan yahudi semakin hari semakin parah terhadap wilayah Palestina secara umum dan masjidil aqsa secara khusus.
Masjidil aqsa merupakan masjid yang agung bagi kaum muslimin, masjid yang diberkahi, masjid yang mempunyai kelebihan yang banyak disebutkan di dalam al-Qur’an dan Sunnah Rasulillah-shallallahu alaihi wasallam-, untuk mengingatkan kaum muslimin, maka berikut kami bawakan beberapa keutamaan serta keistimewaan-keistimewaan itu.
1.      Masjid Aqsa merupakan masjid kedua yang dibangun di atas muka bumi ini, dari Abu Dzar-radiallohu anhu- dia berkata:”Aku bertanya kepada Rasulullah, masjid apakah yang dibangun terlebih dahulu?
قَالَ : (( الْمَسْجِدُ الْحَرَامُ )) قَالَ قُلْتُ : ثُمَّ أَيٌّ ؟ قَالَ : (( الْمَسْجِدُ الْأَقْصَى )) ، قُلْتُ : كَمْ كَانَ بَيْنَهُمَا ؟ قَالَ : (( أَرْبَعُونَ سَنَةً ، ثُمَّ أَيْنَمَا أَدْرَكَتْكَ الصَّلَاةُ بَعْدُ فَصَلِّهْ فَإِنَّ الْفَضْلَ فِيهِ ))
“Beliau menjawab:’al-Masjidul Haram’, aku berkata lagi:’kemudian masjid apa? Beliau menjawab:”Masjid Aqsa”, aku berkata lagi:”Berapa tahun jarak antara keduanya? Beliau menjawab:”40 tahun, kemudian di manapun shalat mendatangimu maka shalatlah karena keuatamaan ada padanya”[1].
2.      Masjid Aqsa merupakan kiblat pertama kaum muslimin sebelum dirubah kea rah majid haram, dari al-Bara’-radiallohu anhu-, dia berkata:
((صَلَّيْنَا مَعَ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ نَحْوَ بَيْتِ الْمَقْدِسِ سِتَّةَ عَشَرَ - أَوْ سَبْعَةَ عَشَرَ - شَهْرًا ثُمَّ صَرَفَهُ نَحْوَ الْقِبْلَةِ ))

“Kami shalat bersama Rasulullah-shallallahu alaihi wasallam-ke arah baitul maqdis selama 16/17 bulan, kemudian kiblat beliau rubah”[2]
3.      Masjid Aqsa merupakan masjid yang dibangun di atas tanah yang diberkahi, Allah berfirman:
{سُبْحَانَ الَّذِي أَسْرَى بِعَبْدِهِ لَيْلًا مِنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ إِلَى الْمَسْجِدِ الْأَقْصَى الَّذِي بَارَكْنَا حَوْلَهُ }
“Maha suci Allah yang memperjalankan hambanya pada malam hari dari Masjid Haram menuju ke Masjid Aqsa yang kami berkahi disekitarnya”.(QS.al-Isra’:1).
Para ulama mengatakan:”Seandainya Masjid Aqsa tidak mempunyai keutamaan selain ini maka ayat ini sudah cukup”.
4.      Masjid Aqsa merupakan salah satu di antara tiga masjid yang boleh dilakukan perjalanan jauh untuk menziarahinya, Rasulullah bersabda:
((لَا تُشَدُّ الرِّحَالُ إِلَّا إِلَى ثَلَاثَةِ مَسَاجِدَ : الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ ، وَمَسْجِدِ الرَّسُولِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ، وَمَسْجِدِ الْأَقْصَى))
“Tidak boleh melakukan syaddur rihal (perjalanan jauh) kecuali ke tiga masjid:”Masjid Haram, Masjid Nabawi dan Masjid Aqsa”[3].
5.      Tanah Baitul Maqdis bumi al-Mahsyar dan al-Mansyar, dari Maimunah-budak Rasulullah- dia berkata:
((قُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ أَفْتِنَا فِي بَيْتِ الْمَقْدِسِ ؟ قَالَ (( أَرْضُ الْمَحْشَرِ وَالْمَنْشَرِ ... ))
“Aku bertanya:”Wahai Rasulullah, beritahu kami tentang Baitul Maqdis? Beliau lantas menjawab:”Bumi al-Mahsyar dan al-Mansyar…”[4].
6.      Di antara keutamaan Masjid Aqsa, bahwa ia adalah tujuan Rasulullah melakukan isra’ dan dari sanalah beliau melakukan mi’raj, dari Anas bin Malik dia berkata: Rasulullah bersabda:
((أُتِيتُ بِالْبُرَاقِ وَهُوَ دَابَّةٌ أَبْيَضُ طَوِيلٌ فَوْقَ الْحِمَارِ وَدُونَ الْبَغْلِ يَضَعُ حَافِرَهُ عِنْدَ مُنْتَهَى طَرْفِهِ قَالَ فَرَكِبْتُهُ حَتَّى أَتَيْتُ بَيْتَ الْمَقْدِسِ قَالَ فَرَبَطْتُهُ بِالْحَلْقَةِ الَّتِي يَرْبِطُ بِهِ الْأَنْبِيَاءُ قَالَ ثُمَّ دَخَلْتُ الْمَسْجِدَ فَصَلَّيْتُ فِيهِ رَكْعَتَيْنِ ثُمَّ خَرَجْتُ فَجَاءَنِي جِبْرِيلُ عَلَيْهِ السَّلَام بِإِنَاءٍ مِنْ خَمْرٍ وَإِنَاءٍ مِنْ لَبَنٍ فَاخْتَرْتُ اللَّبَنَ فَقَالَ جِبْرِيلُ عليه السلام اخْتَرْتَ الْفِطْرَةَ ثُمَّ عَرَجَ بِنَا إِلَى السَّمَاءِ))
“Saya dibawakan Buroq, sebuah hewan berwarna putih, panjang, lebih besar dari keledai, lebih kecil dari bagl (sejenis hewan peranakan antar keledai dan kuda), dia menaruh kakinya sampai di ujung sisi tubuhnya.Beliau berkata:”Maka akupun mengendarainya sampai ke Baitul Maqdis”. Beliau brsabda lagi:”Maka akupun mengikatnya dengan lingkaran yang dipakai untuk mengikat oleh para nabi, lalu akupun masuk ke masjid kemudian shalat di sana dua raka’at, lantas aku keluar, lalu Jibril –alaihis salam- mendatangi saya dengan membawa bejana berisi khamr dan bejana berisi air susu, maka akupun memilih susu, maka Jibril -alaihis salam- berkata:”Engkau memilih fitrah”kemudian kami mi’raj menuju langit”[5].
7.      Pahala shalat di Masid Aqso dilipatgandakan,dari Abu Dzar-radiallahu anhu- dia berkata:

تَذَاكَرْنَا وَنَحْنُ عِنْدَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَيُّهُمَا أَفْضَلُ: مَسْجِدُ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ، أَوْ مَسْجِدُ بَيْتِ الْمَقْدِسِ ؟ فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: (( صَلَاةٌ فِي مَسْجِدِي هَذَا أَفْضَلُ مِنْ أَرْبَعِ صَلَوَاتٍ فِيهِ ، وَلَنِعْمَ الْمُصَلَّى ، وَلَيُوشِكَنَّ أَنْ لَا يَكُونَ لِلرَّجُلِ مِثْلُ شَطَنِ فَرَسِهِ مِنَ الْأَرْضِ حَيْثُ يَرَى مِنْهُ بَيْتَ الْمَقْدِسِ خَيْرٌ لَهُ مِنَ الدُّنْيَا جَمِيعًا - أَوْ قَالَ: خَيْرٌ مِنَ الدُّنْيَا وَمَا فِيهَا - ))
“Kami berbincang-bincang di hadapan Rasulullah-shallallahu alaihi wasallam- tentang manakah yang lebih afdal, Masjid Nabawi atau Masjid Baitul Maqdis? Maka Rasulullah bersabda:”Sholat di masjid saya ini lebih afdhal dari empat shalat di Masjid Aqsa, dan telah dekat zamannya di mana tidak tersisa walaupun sebatas tempat yang sempit untuk melihat darinya Baitul Maqdis, dan (orang-orang) memandang tempat sempit untuk melihat Baitul Maqdis itu lebih baik dunia seluruhnya atau lebih baik dari dunia dan seisinya”[6].
Catatan:
Ini adalah salah satu di antara bukti kebenaran akan kenabian Muhammad –shallallahu alaihi wasallam-, di mana beliau menjelaskan apa yang akan terjadi terhadap Masjid Aqsa, berupa kezaliman dan pengrusakan yang meraja lela, sampai-sampi seorang muslim berharap mempunyai walau hanya tempat yang sempit untuk melihat Baitul Maqdis, dan itu bagi mereka lebih baik dari dunia dan seisinya.
8.      Di antara keutamaan Masid Aqsa adalah apa yang diriwayatkan oleh Abdullah bin Amr bin Ash dari Nabi-shallallahu alaihi wasallam-beliau bersabda:
((لَمَّا فَرَغَ سُلَيْمَانُ بْنُ دَاوُدَ مِنْ بِنَاءِ بَيْتِ الْمَقْدِسِ سَأَلَ اللَّهَ ثَلَاثًا : حُكْمًا يُصَادِفُ حُكْمَهُ ، وَمُلْكًا لَا يَنْبَغِي لَأَحَدٍ مِنْ بَعْدِهِ ، وَأَلَّا يَأْتِيَ هَذَا الْمَسْجِدَ أَحَدٌ لَا يُرِيدُ إِلَّا الصَّلَاةَ فِيهِ إِلَّا خَرَجَ مِنْ ذُنُوبِهِ كَيَوْمِ وَلَدَتْهُ أُمُّهُ )) فَقَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : (( أَمَّا اثْنَتَانِ فَقَدْ أُعْطِيَهُمَا ، وَأَرْجُو أَنْ يَكُونَ قَدْ أُعْطِيَ الثَّالِثَةَ))
“Ketika Nabi Sulaiman bin Dawud selesai membangun Baitul Maqdis beliau meminta tiga hal kepada Allah:Keputusan yang sesuai dengan keputusannya, kekuasaan yang tidak pantas diberi kepada selain beliau setelah beliau meninggal, dan agar tidak ada seorangpun yang keluar dari masjid ini (Masjid Aqsa) di mana dia tidak ke sana kecuali hanya untuk shalat melainkan dia diampuni dosanya seperti dia baru dilahirkan oleh ibunya”. Lantas Nabi bersabda:”Adapun permintaan pertama dan kedua maka dia telah diberikan, adapun yang ketiga saya berharap dia juga telah diberikan”[7].
Ditulis Abu Zaid Safaruddin, Lombok-NTB, 5 Jumada at-Tsani 1434 H/15 April 2013 M.


[1] Al-Bukhari no.3366, Muslim no.520.
[2] Al-Bukhari no.4492, Muslim no.525.
[3] Al-Bukhari no.1189, Muslim no.1397.
[4] Ibnu Majah no.1407, dishahihkan oleh al-Albany dalam “Takhrij Ahadits Fada’il as-Syam” no.4.
[5] Muslim no.162.
[6] HR.al-Hakim 4/509, dishahihkan dan disepakati oleh az-Dzahaby.
[7] HR.an-Nas’ai no.693, Ibnu Majah no.1408, dishahihkan al-Albany dalam Shahih at-Targhib no.1178.

0 Response to "KEUTAMAAN MASJID AQSA DI PALESTINA"

Posting Komentar

Pertanyaan dan komentar, akan kami balas secepatnya-insyaallah-.