Keutamaan Membaca Surat al-Baqarah

keutamaan membaca surat albaqarah
Apa keutamaan membaca surat al-Baqarah di rumah?

Jawab:
Keutamaan membaca surat al-Baqarah dan terus menerus membacanya (dengan rutin) bisa mengusir syaithan dari rumah, dalilnya adalah sabda Rasulullah-shallallahu alaihi wasallam-:

إن الله تعالى كتب كتابا قبل أن يخلق السماوات والأرض بألفي عام, وهو عند العرش, وأنه أنزل منه آيتين ختم بهما سورة البقرة, ولا يقرأن في دار ثلاث ليال فيقربها الشيطان.

“Sesungguhnya Allah telah menulis sebuah kitab, seribu tahun sebelum menciptakan langit dan bumi, berada di atas arasy, dan Dia telah menurunkan dua ayat di antaranya, di mana dengan dua ayat itu Dia menutup surat al-Baqarah, tidaklah ia dibaca di sebuah rumah selama tiga hari melainkan rumah itu tidak akan didekati oleh syaithan.”(Shahih al-Jaami’:1799).
Dan dalam masalah ini terdapat banyak hadits, di anataranya:
Nabi-shallallahu alaihi wasallam-bersabda:

لا تجعلوا بيوتكم قبورا, إن الشيطان ينفر من البيت الذي تقرأ فيه سورة البقرة.

“Janganlah kalian menjadikan rumah-rumah kalian seperti kuburan, sesungguhnya syaithan itu menjauh dari rumah yang dibacakan padanya surat al-Baqarah.”(HR.Muslim: 1/539).
Nabi-shallallahu alaihi wasallam-juga bersabda:

اقروا سورة البقرة في بيوتكم, فإن الشيطان لا يدخل بيتا يقرأ فيه سورة البقرة

“Bacalah surat al-Baqarah di rumah kalian, karena sesungguhnya syaithan tidak memasuki rumah yang dibacakan padanya surat al-Baqarah.”(Shahih al-Jaami’:1170).
Wabillahit taufiq…
Dijawab oleh Syaikh DR.Musa alu Nasr : http://almahajjah.net/play.php?catsmktba=12

0 Response to "Keutamaan Membaca Surat al-Baqarah"

Posting Komentar

Pertanyaan dan komentar, akan kami balas secepatnya-insyaallah-.