Diterima Bekerja Namun Harus Cukur Jenggot

Diterima Bekerja Namun Harus Cukur Jenggot
Syaikh Abdul Aziz bin Baaz-rahimahullah-pernah ditanya:


إذا أردت أن أعمل بعمل معين لكن اشترط عليَّ حلق اللحية، فماذا أعمل؟
الإجابة:
يقول النبي-صلى الله عليه وسلم-في الحديث الصحيح: إنما الطاعة في المعروف. ويقول-عليه الصلاة والسلام-:لا طاعة لمخلوق في معصية الخالق. فعليك أن تتقي الله وأن تؤثر رضاه وأن لا توافق على هذا الشرط, وأبواب الرزق كثيرة, ليست منغلقة والحمد لله, بل مفتوحة, والله يقول-سبحانه وتعالى-: وَمَنْ يَتَّقِ اللَّهَ يَجْعَلْ لَهُ مَخْرَجاً. (الطلاق: من الآية 2) فأي عملٍ يشترط فيه معصية الله فلا توافق عليه, سواء كان هذا العمل في الجندية, أو في غير ذلك من الأعمال, فدع ذلك والتمس عملاً آخر مما أباح الله-عز وجل-, ولا تعاون معهم على الإثم والعدوان, لأن الله يقول: وَتَعَاوَنُوا عَلَى الْبِرِّ وَالتَّقْوَى وَلا تَعَاوَنُوا عَلَى الْأِثْمِ وَالْعُدْوَانِ (المائدة من الآية2) رزقنا الله وإياك التوفيق....

“Jika saya ingin bekerja pada jenis pekerjaan tertentu, (supaya saya diterima) disyaratkan agar saya mencukur jenggot saya, bagaimana sikap saya?

Jawaban:
Nabi-shallallahu alaihi wasallam-bersabda dalam hadits yang shahih:

إنما الطاعة في المعروف

“Taat itu hanya dalam hal-hal yang ma’ruf (yang dibolehkan).” Beliau-shallallahu alaihi wasallam-juga bersabda:

لا طاعة لمخلوق في معصية الخالق

“Tidak boleh taat kepada makhluk dalam hal bermaksiat kepada Allah.”
Yang harus anda lakukan adalah tetap bertakwa kepada Allah dan mendahulukan keridaan Allah serta jangan sekali-kali anda menyetujui syarat ini, sungguh pintu-pintu rizki itu amat banyak, pintu rizki tidaklah terbatas-alhamdulillah-, namun terbuka lebar, Allah juga berfirman:

وَمَنْ يَتَّقِ اللَّهَ يَجْعَلْ لَهُ مَخْرَجاً

Barangsiapa yang bertakwa kepada Allah, maka Allah akan membuatkan jalan keluar baginya.” (QS.at-Thalaq:2).
Maka pekerjaan apapun yang mensyaratkan bermaksiat kepada Allah jangan anda terima, baik pekerjaan itu dalam ketentaraan atau pekerjaan-pekerjaan lainnya, tinggalkanlah pekerjaan seperti itu dan berusahalah mencari pekerjaan lain yang dibolehkan Allah-azza wa jalla-, jangan sekali-kali anda tolong menolong dengan mereka dalam berbuat dosa dan permusuhan, karena Allah berfirman:

وَتَعَاوَنُوا عَلَى الْبِرِّ وَالتَّقْوَى وَلا تَعَاوَنُوا عَلَى الْأِثْمِ وَالْعُدْوَانِ

“Tolong-menolonglah kalian dalam berbuat baik dan takwa dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan permusuhan.”(     QS.al-Ma’idah:2), semoga Allah memberikan anda dan kami taufiq…
Fatwa syaikh Bin Baaz  yang kami kutip dengan ringkas: http://www.binbaz.org.sa/mat/16584

0 Response to "Diterima Bekerja Namun Harus Cukur Jenggot"

Posting Komentar

Pertanyaan dan komentar, akan kami balas secepatnya-insyaallah-.