Do'a yang Dibaca Ketika Sakit



Do'a yang Dibaca Ketika Sakit
Dalam sebuah hadits yang shahih Rasulullah-shallallahu alaihi wasallam-bersabda:

من قالها في مرضه ثم مات لم تطعمه النار

“Barangsiap yang membaca doa ini saat ia sakit, lalu ia meninggal, maka neraka tidak akan menyentuhnya.”[1]
Do’a apakah yang dimaksud Nabi-shallallahu alaihi wasallam-pada sabda beliau di atas? Yang beliau maksud adalah do’a yang berbunyi:

لا إله إلا الله والله أكبر, لا إله إلا الله وحده, لا إله إلا الله وحده لا شريك له, لا إله إلا الله له الملك وله الحمد, لا إله إلا الله ولا حول ولا قوة إلا بالله.

“La ilaaha illallah wallahu akbar, la ilaha illallahu wahdah, la ilaha illallahu wahdahu la syarika lah, la ilaaha illallah lahul mulku walahul hamdu, la ilaha illallahu wala hawla wala quwwata illa billah.”
Artinya:
“Tiada tuhan yang berhak disembah dengan benar kecuali Allah, dan Allah maha besar, tiada ilah yang berhak disembah dengan haq selain Allah saja, tiada ilah yang berhak disembah selain Allah, tiada sekutu bagi-Nya, tiada ilah yang berhak diibadahi kecuali Allah, bagi-Nya kerajaan dan segala pujian, tiada ilah yang berhak diibadahi dengan benar selain Allah, tiada daya dan upaya melainkan dari Allah.”
Wallahu a’lam[2]


[1] Hadist ini shahih lighairih, diriwayatkan oleh Imam at-Tirmidzy dengan no.3430, juga oleh Imam Ibnu Majah (3794) dan selain mereka berdua. Hadits ini dicantumkan oleh al-Albani dalam as-Shahihah dengan no.1390, juga dalam kitab Shahih al-Mawarid dengan no.1977.
[2] Dikutip dari buku Do’a dan Wirid oleh Ust.Yazid bin Abdul Qadir Jawwaz-hafidzahullah- halaman.446.

0 Response to "Do'a yang Dibaca Ketika Sakit"

Posting Komentar

Pertanyaan dan komentar, akan kami balas secepatnya-insyaallah-.