Dua Ayat Ini Mencukupimu...

Dalam riwayat yang shahih Nabi - shallallohu alaihi wasallam - bersabda :

اَلْآيَتَانِ مِنْ آخِرِ سُوْرَةِ الْبَقَرَةِ مَنْ قَرَأَهُمَا فِيْ لَيْلَةٍ كَفَتَاهُ

Dua ayat dari akhir surat al-Baqarah, barangsiapa yang membacanya pada malam hari maka dia akan dicukupi. (HR Bukhari 4008, Muslim 807).

Dalam riwayat lain senada dengan riwayat di atas :

إِنَّ اللَّهَ كَتَبَ كِتَابًا قَبْلَ أَنْ يَخْلُقَ السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضَ بِأَلْفَيْ عَامٍ أَنْزَلَ مِنْهُ آيَتَيْنِ خَتَمَ بِهِمَا سُورَةَ الْبَقَرَةِ وَلَا يُقْرَأَانِ فِي دَارٍ ثَلَاثَ لَيَالٍ فَيَقْرَبُهَا شَيْطَانٌ

Sesungguhnya Alloh telah menulis sebuah kitab (al-Quran) 2000 tahun sebelum menciptakan langit dan bumi, Dia menurunkan 2 ayat yang dengannya surat al-Baqarah diakhiri, dan tidaklah 2 ayat ini dibaca 3 malam dalam sebuah rumah melainkan rumah itu tak akan didekati oleh syaithan.(Shahih al-Jami’ as-Shagiir : 1799).

Ibnu Hajar - rahimahullah - mengatakan terkait dengan riwayat pertama di atas : “(Maksud dari kata “dicukupi”) dalam riwayat ini adalah:
  • Dua ayat ini mencukupinya dari qiyamul lail pada malam itu
  • Ada yang mengatakan dua ayat ini mencukupinya dari anjuran membaca al-Qur’an malam itu baik di luar maupun di dalam solat
  • Ada yang mengatakan dua ayat ini mencukupinya dalam masalah i’tiqad karena kedua ayat ini mengandung pembicaraan tentang iman dan amal secara global
  • Ada yang mengatakan dua ayat ini mencukupi dan melindunginya dari segala mara bahaya
  • Ada yang mengatakan dicukup dari gangguan syaithan
  • Ada pula yang mengatakan ia akan dilindungi dari gangguan manusia dan jin
  • Ada juga yang mengatakan ia akan dicukupi ganjaran pahala disebabkan begitu luas ganjaran pahala yang dihasilkan dengan dua ayat ini.
Beliau ( Ibnu Hajar ) lantas mengatakan :

يجوز أن يراد جميع ما تقدم والله أعلم

Semua makna yang kami sebutkan bisa dicakup oleh uacapan beliau - sollallohu alaihi wasallam- “dicukupi” pada riwayat tersebut, wallohu a’lam.(Fathul Baari : 9 / 55).

Ibnu Qayyim al-Jauziyyah - rahimahullah - mengatakan terkait dengan riwayat ini : “Pendapat yang benar bahwa makna lafadz “dicukupi” pada riwayat ini adalah dicukupi dari segala macam gangguan.” (al-Wabil as-Shayyib : 198).

Artikel Lainnya :
Syaikhul Islam Ahmad bin Abdul Halim - rahimahulloh - menjelaskan dengan panjang lebar terkait dengan makna dua ayat yang mulia ini ( lihat Majmu’ Fatawa : 14/141), lantas beliau mengakhiri kalam beliau dengan mengatakan : Itulah secara ringkas penjelasan untuk mengetahui kedudukan tinggi dari 2 ayat ini, yang mana Allah telah mengkhususkan Nabi-Nya dengan 2 ayat ini, di dalamnya terdapat pengetahuan serta ilmu yang akal manusia tidak bisa secara sempurna mengetahuinya, hanya kepada Allah kita berharap agar tidak menghalangi kita dari memahami kitab-Nya, sungguh Dia maha pengasih dan penyayang.”

0 Response to "Dua Ayat Ini Mencukupimu..."

Posting Komentar

Pertanyaan dan komentar, akan kami balas secepatnya-insyaallah-.