Doa Ziarah Kubur

Berikuta adalah doa ziarah kubur yang diajarkan oleh Rasulullah-shallallahu alaihi wasallam-,sebagimana diriwayatkan oleh Imam Muslim 2/671,Ibnu Majah 2/671:


اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ أَهْلَ الدِّيَارِ مِنَ الْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُسْلِمِيْنَ وَإِنَّا إِنْ شَاءَ اللهُ بِكُمْ لَاحِقُوْنَ وَيَرْحَمُ اللهُ الْمُسْتَقْدِمِيْنَ مِنَّا وَالْمُسْتَأْخِرِيْنَ,أَسْأَلُ اللهَ لَنَا وَلَكُمُ الْعَافِيَةَ

Assalamu alaikum ahlad diaar minal mu’minina wal muslimin wa inna in sya’aallahu bikum laahiquun wa yarhamullahul mustaqdimina minna wal musta’khiriin,as’alullaha lana walakumul aafiah

Artinya:
"Semoga kesejahteraan atasmu wahai penduduk kampung (barzakh/kubur) dari kalangan kaum mukminin dan muslimin,sesungguhnya kami-insyaAllah-akan menyusul (kalian),saya mohon kepada Allah untuk saya dan kalian supaya diberi keselamatan (dari apa yang tidak diinginkan)".

Hal-hal Yang Dianggap Benar Ketika Ziarah Kubur


  • Membaca surat Yasin di kuburan
Hadits yang menganjurkan akan hal ini adalah lemah  bahkan sebagian ulama mengatakan hadits tentang hal ini adalah "la ashla lahu" (hanya dibuat-buat oleh orang-orang),walupun ada sanadnya akan tetapi sanadnya haliq (kacau balau),lihat penjelasan lengkapnya dalam kitab ad-Da'ifah hadits ke 1246.
  • Menghadiahkan al-Fatihah Ketika Ziarah Kubur
Ini adalah amalan yang tidak pernah dicontohkan oleh Rasulullah dan generasi terdahulu ummat ini,lihat penjelasannya dalam Tafsir al-Manar 8/268.
  • Membacakan Surat al-Ikhlash Sebanyak 11 Kali 
Hadits yang menganjurkan akan hal ini adalah maudhu' (palsu),lihat kitab Ahkamul Jana'iz hlm.193.
  • Memberikan Upah Bagi Yang Membacakan al-Qur'an Untuk Mayat
Amalan ini termasuk amalan yang diada-adakan dan tidak pernah dicontohkan oleh generasi terdahulu ummat ini,lihhat penjelasannya dalam Fatawa Syaikhul Islam 354.
  • Menghias Kuburan
Termasuk membangunya dengan menembok,menyemen,mengecat,dan menulis diatasnya,ini semua dilarang oleh agama kita yang mulia ini lihat Syarah ath-Thariqah al-Muhammadiyyah 1/114,115.

 
Suka artikel ini ?

About Abuzaid Az

Admin Blog

1 comments:

Click here for comments
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Anonim
12:38 PM

Ass,Dulu kalau ziarah kubur orang tua saya baca surat yaasiin sedangkan bacaan diatas (assalamualaikum ahlad diaar) saya baca kala memasuki pekuburan. Nah sekarang setelah membaca keterangan diatas saya mestinya membaca doa apa selama berada dikuburan kedua orang tua, mengingat do'a diatas hanya untuk memasuki pekuburan!

Selamat Anonim dapat PERTAMAX...! Silahkan antri di pom terdekat heheheh...
Balas

Pertanyaan dan komentar, akan kami balas secepatnya-insyaallah-. Join This Site Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Silakan berkomentar dengan sopan