Obati Orang Sakit Kalian Dengan Sodaqoh

Riwayat dari sahabat Abu Umamah - radهalloh anhu - :

دَاوُوا مَرْضَاكُمْ بالصَّدَقة

"Obati orang sakit kalian dengan sodaqoh" (Dihasankan oleh Syaikh al-Albani dalam Shahih al-Jami’ : 3358).[1]
Obati Orang Sakit Kalian Dengan Sodaqoh


Ibnul Qayyim - rahimahulloh- berkata:

“Sesungguhnya sodaqoh itu memiliki pengaruh yang luar biasa dalam menolak berbagai macam cobaan/musibah/bala’, bahkan terkadang walaupun pelakunya ( yang bersodaqoh itu ) seorang yang fajir, zalim bahkan kafir, dengan sebab inilah (shodaqoh) Allah mengangkat berbagai macam bencana dan ujian, hal ini sudah menjadi perkara yang diketahui luas di tengah-tengah manusia, semua orang mengakui akan hal ini karena mereka menyaksikan buktinya sendiri.” (al-Wabil as-Shayyib : 49-50).

Kisah-kisah Berkaitan Dengan Hal Ini

Ada seseorang yang datang kepada Ibnul Mubarak bertanya kepadanya tentang sarannya mengenai obat untuk luka bernanah yang dia derita semenjak 7 tahun silam, bahkan dia telah berusaha berobat dengan beragam cara dan mendatangi banyak tabib / dokter namun belum mendapatkan kesembuha. Ibnu Mubarak lantas memberinya saran seraya berkata : “Coba kamu cari tempat di mana orang-orang di sana membutuhkan air dan buatlah sumur air di sana, air sumur itu akan mengalir dan saya berharap darah (lukamu) itu akan sembuh.” Lalu orang itupun melakukan saran Ibnul Mubarak tadi dan dengan izin Allah iapun sembuh. (Siar A’lam an-Nubala’ : 8/407).


Abu Bakr al-Khabbazy berkata:

"Saya pernah mengidap penyakit berbahaya, lantas salah seorang tetangga saya yang soleh memberi saran buat saya:

"Coba kamu amalkan (resep) dari sabda Rasululloh - shallallohu alaihi wasallam - ini:

"داووا مرضاكم بالصدقة"

"Obati orang sakit kalian dengan sodaqoh"

Ketika itu kebetulan sedang musim panas, sayapun kepikiran membeli semangka dalam jumlah banyak, lantas sayapun mengumpulkan sejumlah orang miskin dan anak2 untuk makan semangka yg saya beli itu, setelah selesai makan merekapun menengadahkan tangan mereka utk berdoa kpd Alloh agar saya diberi kesembuhan.

Maka demi Alloh, tidaklah pagi datang melainkan saya sembuh total dari penyakit saya itu." (Siar A'lam an-Nubala' :18/44).
----------------------------------------
[1] Syaikh al-Albani mendha’ifkan hadits dengan lafadz ini yang disertai tambahan beberapa kalimat : 

حصنوا أموالكم بالزكاة، وداووا مرضاكم بالصدقة، واستقبلوا أمواج البلاء بالدعاء والتضرع 

“Bentengilah harta benda kalian dengan zakat, obatilah orang sakit kalian dengan sodaqoh dan hadapilah hempasan ujian/cobaan/musibah dengan doa dan tadarru’.” Bahkan beliau berkomentar tentang riwayat ini dalam as-Silsilah ad-Dha’ifah : 7/3492 : “lemah sekali”. Begitu juga riwayat lain dengan lafadz: 

تصدقوا وداووا مرضاكم بالصدقة، فإن الصدقة تدفع عن الأعراض والأمراض، وهي زيادة في أعمالكم وحسناتكم 

“Bersedekahlah dan obatilah orang sakit kalian dengan sodaqoh, karena sodaqoh itu menolak bahaya dan penyakit, dan sodaqoh itu adalah penambah amal kebaikan kalian.” 

### : Hadits داووا مرضاكم بالصدقة dikuatkan juga oleh beberapa riwayat shahih lainnya yang memiliki redaksi yang senada dengannya. Wallohu a’lam.

1 Response to "Obati Orang Sakit Kalian Dengan Sodaqoh"

Md. Shameem Mridha mengatakan...

MD.Shameem Mridha
Thank you, I’ve just been searching for information about this topic for a while and yours is the greatest I’ve discovered till now.

Posting Komentar

Pertanyaan dan komentar, akan kami balas secepatnya-insyaallah-.